top of page
Writer's pictureTim Pie Susu Dhian

5 Tips Liburan ke Bali bagi Pemula

Kamu ingin liburan ke Bali untuk pertama kalinya? Tapi bingung mau mulai dari mana? Tenang, kali ini tim Pie Susu Dhian sudah menyiapkan 5 tips liburan ke Bali buat kamu. Yuk, langsung simak di bawah ini ya.


1. Rencanakan Tempat yang Ingin Dikunjungi Selama di Bali

Pertama, tentukan tempat yang ingin kamu kunjungi selama di Bali. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi seperti Pantai Kuta, Tanah Lot, Ubud, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin rekomendasi lebih lanjut, kamu bisa baca 5 Tempat Wisata Bali Terbaru 2023.


Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih tempat wisata adalah tarif yang akan dikenakan saat masuk. Ada beberapa tempat wisata yang cukup memakan biaya seperti Garuda Wisnu Kencana maupun beach club. Maka dari itu kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu agar dapat menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.



2. Tentukan Waktu dan Musim yang Tepat

Menentukan waktu dan musim yang tepat untuk berlibur ke Bali adalah hal yang sangat penting. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki dua musim, yaitu kemarau (April-September) dan hujan (Oktober-Maret). Hal ini juga berlaku untuk Bali, sehingga musim yang tepat untuk pergi ke Bali adalah kemarau, yaitu April hingga September.


Sedangkan untuk waktu, kita tahu bahwa Bali adalah destinasi liburan favorit semua orang, baik warga lokal maupun asing sehingga waktu terbaik untuk berlibur ke Bali adalah low season, yaitu periode selain liburan sekolah, lebaran, natal, dan tahun baru.



3. Pilih Mode Transportasi Udara atau Darat

Menuju ke Bali, kamu bisa menggunakan berbagai metode transportasi baik udara maupun darat. Jika kamu ingin menghemat waktu, maka jalur udara adalah pilihan yang tepat. Namun perlu diingat jika kamu memilih jalur udara, maka pengeluaran yang kamu keluarkan bisa jadi lebih besar. Kamu harus membeli tiket pesawat dan juga menyewa mobil atau motor saat kamu sampai di Bali. Berbeda jika kamu membawa kendaraan sendiri, kamu tidak perlu pusing berpikir untuk menyewa mobil atau motor lagi.


Untuk harga pesawat, harganya sangat fluktuatif. Maka dari itu, kamu harus rajin memantaunya dan pintar-pintar mencari promo. Harga tiket berkisar dari Rp 400.000 hingga jutaan.



4. Booking Hotel dan Tiket

Jika kamu sudah menentukan pilihan mode transportasi, kamu bisa langsung memesan tiket pesawat dan hotel sesuai waktu yang kamu pilih. Jangan lupa untuk memesan jauh-jauh hari karena harga biasanya jauh lebih murah daripada kamu memesan secara mendadak. Untuk website terbaik memesan hotel dan tiket kamu bisa mengunjungi Traveloka, Tiket.com, dan Pegipegi.



5. Perhatikan Adat dan Budaya Sekitar

Nah ini adalah hal yang termasuk sangat penting untuk diperhatikan. Seringkali ketika memasuki suatu tempat yang baru, kita lupa akan hal ini sehingga mengakibatkan kejadian yang tidak menyenangkan.


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kamu harus memakai pakaian yang sopan dan tertutup jika pergi ke Pura. Selanjutnya, jangan menginjak Banten (sajen yang biasa menempati depan pintu atau patung). Jika sudah terlanjur maka ucapkan maaf. Hormati juga jika ada peraturan yang melarang mengambil foto atau video di tempat tertentu.



Nah, sekarang kamu sudah tahu kan tips liburan ke Bali untuk pemula? Selanjutnya kamu bisa baca tentang Rekomendasi Toko Oleh-oleh Bali dan 5 Masjid di Bali. Jangan lupa juga untuk beli oleh-oleh dari Pie Susu Dhian ya!




108 views0 comments

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page