top of page
Writer's pictureTim Pie Susu Dhian

5 Tempat Uji Nyali di Bali (Yang Berani Saja)

Pulau Bali yang memiliki sebutan “The Island of Gods” pastinya tidak lepas dengan adat istiadat masyarakatnya yang kental. Konon, ada beberapa tempat mistis di Bali. Berikut 5 tempat yang sempat ramai dibicarakan oleh banyak orang di sini.


1. Desa Trunyan

Kamu pernah mendengar tentang desa tengkorak yang ada di daerah Kintamani? Jika pernah, desa itu adalah Desa Trunyan. Desa ini disebut desa tengkorak karena desa ini adalah tempat pemakaman. Yang membuat desa ini angker adalah karena mereka mempunyai tradisi pemakaman yang berbeda dari umumnya.


Mayat di desa ini akan dibiarkan terbuka dan terbaring di atas tanah tanpa dikubur. Akan tetapi, kamu tidak akan mencium bau busuk karena adanya pohon Tarumenyan yang memberi aroma wangi di sekitarnya.


Hal menarik lainnya adalah, tidak semua mayat bisa dimakamkan di tempat ini. Ada syarat khusus, yaitu jumlah jenazah yang diletakkan di atas tanah pohon Tarumenyan tidak boleh lebih dari 11. Selain itu, mayat meninggal secara wajar dan pernah menikah sebelumnya.



2. Pohon Bunut Bolong

Pohon yang terletak di desa Manggisari ini memiliki aura mistis dan magis. Pohon ini unik karena sesuai dengan namanya Bunut, yaitu pohon berakar dalam bahasa lokal dan bolong yang artinya lubang. Sehingga, Pohon Bunut Bolong adalah Pohon Bulut yang berlubang. Memang, pohon ini memiliki lubang di tengahnya dan bisa dilewati oleh kendaraan.


Lantas, mengapa pohon ini disebut angker? Karena di kanan kirinya terdapat pepohonan dan hutan yang rimbun, yang menambah susana kecam dan seram. Selain itu, ada mitos mengenai pohon ini yang masih dipercayai masyarakat Bali. Mitos itu adalah jika calon pengantin yang melewati jalan ini maka pernikahannya akan batal. Gimana, kamu masih mau melewati pohon ini?



3. Taman Festival

Ketika mendengar nama dari tempat ini, kamu pasti berpikir bahwa tempat ini adalah tempat yang menyenangkan bukan? Sayangnya, tempat ini berbeda jauh sekali dari namanya. Taman ini dulu memang sebuah amusement park yang terletak di daerah Gianyar, Bali. Namun, karena satu dua hal, pemiliknya tiba-tiba meninggalkan tempat ini sehingga tempat ini menjadi tempat yang tidak berpenghuni. Lama kelamaan, tempat ini terbengkalai dan menjadi angker.


Beberapa orang yang pernah mengunjungi tempat ini mengakui mereka pernah melihat penampakan makhluk halus dan buaya kanibal. Tempat ini juga sekarang terkenal sebagai salah satu tempat uji nyali di Bali. Seram sekali ya.



4. Hotel Pondok Indah Bedugul

Hotel yang dikenal dengan sebutan “Istana Hantu” di Bali ini merupakan hotel yang dibangun oleh Keluarga Cendana. Namun, sudah belasan tahun sejak didirikan, proyek pembangunan hotel ini tidak dilanjutkan. Menurut beberapa sumber, salah satu alasan tidak dilanjutkan pembangunan hotel ini adalah karena bom Bali 2002. Karena itu, hotel ini menjadi tempat terbengkalai dan angker. Banyak orang yang tinggal di dekat hotel ini mengakui mereka sering mendengar suara-suara jeritan dan keramaian seperti hotel yang sedang beroperasi pada umumnya. Hotel yang terletak di daerah Tabanan ini juga kerap dijadikan destinasi wisata horor oleh para traveler.



5. Dam Oongan

Tempat yang terletak di daerah Denpasar Utara ini telah berganti nama menjadi Taman Lila Ulangun. Seperti nama barunya, tempat ini seperti taman pada umumnya, memiliki jogging track dan fasilitas publik lainnya. Namun, di balik itu semua, Dam Oongan memiliki latar cerita yang menakutkan.


Konon, pondasi dasar bendungan Dam Oongan terbuat dari tubuh penduduk lokal yang dibantai oleh penjajah Belanda. Selain itu, tubuh sepasang suami-istri juga digunakan untuk menjadi pondasi bendungan ini. Maka dari itu, nama dari bendungan ini adalah Dam Oongan yang berarti bendungan manusia.


Credits: tribunbaliwiki.tribunnews.com


Gimana, kamu masih berani mengunjungi tempat-tempat di atas? Kalau berani, tim Pie Susu Dhian tunggu kamu di sini. Oh ya, kalau kamu ingin berlibur ke Bali, kamu juga bisa baca 5 Tempat Wisata Terbaru Bali 2023 ya!



53 views0 comments

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page